UPDATE MENGENAI INSIDEN TOKEN PGALA

UPDATE MENGENAI INSIDEN GALA

Halo Member INDODAX,

Tanggal 6 November 2022, pNetwork menerbitkan post-mortem berserta official statement mengenai insiden Token GALA yang terjadi pada 4 November 2022, yang bisa dibaca di : https://medium.com/pnetwork/pgala-post-mortem-measures-taken-to-safeguard-the-ecosystem-from-malicious-actors-and-recovery-6407048f4497

Poin-poin penting yang bisa kami simpulkan dari dokumen tersebut diatas adalah sebagai berikut:

  • pGALA (BEP20) diciptakan untuk memiliki rasio 1:1 dengan GALA yang berjalan di network Ethereum.
  • Pada tanggal 3 November 2022, tim pNetwork menemukan celah keamanan pada ownership smart contract pGALA.
  • Terkait insiden tersebut, GalaGames menghubungi beberapa exchange agar bisa menutup fitur deposit GALA. (Catatan: Pihak GalaGames tidak pernah mengontak INDODAX perihal ini.)
  • Pada 4 November 2022, pukul 3:13 (WIB), pihak internal pNetwork menerbitkan 27,814,200,000 pGALA. Penerbitan token pGALA ini bukan dilakukan oleh hacker seperti pemberitaan sebelumnya, tapi diterbitkan oleh tim internal pNetwork.
  • pNetwork menjual token pGALA yang baru diterbitkan tersebut di PancakeSwap dengan tujuan mendapatkan likuiditas BNB yang ada (Sekaligus menjatuhkan harga pGALA lebih dari 90%).
  • Dari hasil penjualan tersebut, pNetwork mendapatkan 12,977 BNB.
  • pNetwork akan menerbitkan “pGALA baru” sesuai dengan nilai ketika snapshot pGALA sebelum insiden. Dengan demikian pemilik token GALA sebelum insiden tidak perlu khawatir karena akan mendapatkan token “pGALA baru”. Token “pGALA baru” memiliki nilai 1:1 dengan GALA di Ethereum.  Token “pGALA baru” ini akan kembali disebut sebagai “GALA” pada saat listing kembali di INDODAX.
  • pNetwork akan melakukan airdrop BNB kepada pemilik token pGALA yang memiliki setelah insiden. Airdrop yang didapat adalah sebesar kurang-lebih 0.00000109 BNB untuk setiap pGALA. Perhitungan airdrop sesuai dengan snapshot pada Senin, 7 November 2022, pukul 15:00 WIB.

 

Pernyataan INDODAX yang berkaitan dengan insiden Token GALA dan langkah langkah yang akan diambil dalam beberapa hari kedepan:

  • Kami menyesalkan bahwa peristiwa ditemukannya celah keamanan pGALA serta rencana aksi mint and dump pGALA secara sepihak dan mendadak ini tidak diinformasikan terlebih dahulu kepada semua centralized exchange (termasuk INDODAX), sehingga INDODAX tidak diberikan waktu untuk menutup fitur deposit sebelum insiden. Langkah penutupan sebagai tindakan pengamanan diambil atas dasar inisiatif INDODAX dengan tujuan untuk melindungi member INDODAX, sehubungan dengan adanya kegiatan yang mencurigakan terhadap transaksi GALA di pasar.
  • Address pGALA di network BSC dengan alamat 0x7dDEE176F665cD201F93eEDE625770E2fD911990 merupakan token yang secara official tertulis di website resmi GalaGames (yang sudah dihapus pasca insiden). Alamat tersebut juga sebagai alamat yang tercantum di website Coinmarketcap.
  • Jumlah pGALA hasil internal hacking pNetwork masuk dengan sangat masif ke INDODAX.
  • INDODAX akan mengubah ticker GALA saat ini menjadi pGALA karena token ini sudah tidak memiliki nilai 1:1 dengan GALA untuk memperjelas dan membedakan dengan token GALA.
  • Bagi member yang membeli, mempunyai atau mendeposit token GALA ke INDODAX sebelum insiden terjadi, akan mendapatkan GALA dengan nilai yang sama. Tidak terpengaruh dengan insiden ini.
  • Tanggal snapshot insiden yang dimaksud ini adalah block #22745013, Nov-03–2022 jam 19:45 UTC time ( https://bscscan.com/block/22745013 ).
  • Bagi member yang memiliki token pGALA di INDODAX pada 7 November 2022, pukul 15:00 WIB, akan mendapatkan airdrop kurang-lebih 0.00000109 BNB untuk setiap pGALA yang dimiliki saat snapshot sesuai dengan press release yang dikeluarkan oleh team GALA tersebut.
  • Token GALA akan dilisting kembali di INDODAX. Diingatkan sekali lagi bagi member yang memiliki, membeli dan mendeposit GALA sebelum insiden, akan tetap mendapatkan saldo GALA nya kembali. Bagi yang membeli dan deposit setelah insiden akan mendapat token pGALA dan diperdagangkan di INDODAX sebagai pGALA. Sehingga selanjutnya akan ada 2 market di INDODAX dengan nama pGALA dan GALA.
  • Insiden ini terjadi karena celah keamanan pada smart contract pGALA, aksi mint and dump yang dilakukan oleh pNetwork, serta kegagalan GalaGames dan pNetwork menyampaikan informasi kepada semua centralized exchange (termasuk INDODAX) sebelum melakukan aksi mint and dump.
  • Terkait rencana recovery, INDODAX hanya meneruskan pemberitaan dan menjalankan sesuai dengan aksi recovery yang dilakukan oleh team GALA dan pNetwork. Langkah recovery dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada eksekusi aksi recovery yang dijalankan oleh GalaGames dan pNetwork.

Demikian pengumuman lanjutan dari Token GALA yang diharapkan bisa memberikan kejelasan informasi untuk member INDODAX. Pernyataan resmi ini bersifat informatif, tidak mengikat dan dapat dimodifikasi atau berubah sewaktu-waktu sesuai dengan perkembangan informasi dan keputusan manajemen INDODAX. 

Jika para member INDODAX ada hal hal yang kurang jelas dan ingin ditanyakan kepada kami, para member dapat menghubungi kami di 021- 5065 8888 atau melalui email di [email protected]. Tim customer support kami standby selama 24 jam dan dengan senang hati akan memberikan penjelasan lebih lanjut.

Sekali lagi kami mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang Anda berikan kepada kami. Kami dari pihak INDODAX akan selalu mengutamakan kemanan dan kenyamanan member kami. Terimakasih atas dukungannya.

Salam hangat,

Oscar Darmawan

CEO INDODAX

Artikel Terbaru

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

            

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Unduh Aplikasi Kami

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

             

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

All Right Reserved Indodax 2023