Home / Berita Indodax  / Tips Memilih dan Mendeteksi Exchange yang Bagus dan Terpercaya

Tips Memilih dan Mendeteksi Exchange yang Bagus dan Terpercaya

 

Halo member Indodax,

Pemilihan exchange kripto adalah langkah awal yang krusial sebelum masuk ke dalam dunia aset kripto. Memilih platform pun tidak boleh dilakukan sembarangan untuk menghindari kerugian seperti penipuan ataupun pencurian.

Berikut adalah hal yang perlu diketahui untuk mendeteksi bahwa exchange itu bagus atau tidak.

Yang pertama adalah check kredibilitas hukum perusahaannya. Kredibilitas hukum ini penting karena bertujuan untuk melindungi customer. Perusahaan yang memiliki kredibilitas yang baik memiliki tingkat kepercayaan yang bagus di mata customer. Misalkan di Indonesia, exchange yang terpercaya memiliki izin dari Bappebti sebagai pengawas crypto di Indonesia.

Kedua check berapa besar team dibelakang perusahaan itu. Banyak orang berfikir bahwa membangun exchange hanya dengan sekedar membuat website untuk user jual beli saja. Namun, pada kenyataan tidak semudah itu dan tentunya perlu banyak sumber untuk memanage perusahaannya. Semakin besar timnya berarti semakin baik kestabilan dan keprofesionalan platform IT yang dibangun. Dan pastikan founder serta timnya tidak pernah pernah terlibat pada perusahaan investasi penipuan atau masuk dalam satgas OJK.

Selanjutnya perhatikan order book beli dan jualnya. Biasanya, kalau ada banyak order beli dan jual mengindikasikan banyaknya user yang ingin membeli dan menjual. Namun untuk hal ini perlu hati-hati, ada banyak exchange yang memalsukan orderbook supaya terlihat banyak karena sekarang banyak layanan pihak ketiga yang menyediakan layanan market maker.

Yang terakhir dan paling penting adalah check traffic dari Exchange tersebut. Dikarenakan traffic visitor itu adalah salah satu faktor yang paling tidak bisa dipalsukan bahkan oleh layanan market maker. Cara paling mudah mengamati traffic exchange tersebut dengan melihat ranking melalui alexa.com, similarweb.com atau google play store, statistik yang tercatat disini tidak bisa dipalsukan karena jumlah user yang online dan traffic tidak mudah untuk dipalsukan!

Jadi sebelum memulai trading atau arbitrase, pastikan tempat exchange sudah lolos semua faktor tersebut.

Salah satu marketplace terpercaya adalah Indodax yang sudah berdiri sejak tahun 2014 dengan lebih dari 2 juta member serta terdaftar oleh bappebti dan di coinmarketcap.com. Selebihnya, Indodax juga sudah lolos sertifikasi ISO 9001:2015 dan ISO 27001:2013 serta terdaftar di kominfo!

Salam,
Indodax – Indonesia Bitcoin & Crypto Exchange