Sambut tahun baru, inilah alasan-alasan mengapa Bitcoin akan terus maju di 2016

Perkembangan Bitcoin sejak tahun 2009 memang tidak selalu berjalan mulus. Bahkan ada beberapa orang yang pesimis melihat masa depan Bitcoin ketika harga Bitcoin mengalami penurunan yang cukup ekstrim di tahun 2014. Namun ternyata, Bitcoin tetap berdiri kokoh meskipun ditempa oleh banyak berita buruk yang kebanyakan hanyalah ulah media yang membesar-besarkan rumor demi menarik perhatian pembaca.

Faktanya, Bitcoin telah muncul sebagai mata uang dengan performa terbaik tahun ini, dimana harga Bitcoin meningkat sebanyak 21% dibandingkan harga di tahun sebelumnya. Performa Bitcoin bahkan jauh berada di atas Dolar AS atau Shekel Israel. Volume transaksi Bitcoin per harinya juga sudah meningkat 5 kali lipat dari awal tahun ini dan bahkan kini volume transaksi harian Bitcoin sudah melebih volume transaksi Western Union.

Bitcoin kini sudah tidak lagi hanya menjadi alat investasi, namun juga sudah bisa digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari. Meskipun mayoritas merchant di dunia belum bisa dibayar dengan Bitcoin, merchant-merchant kelas dunia seperti Rakuten, Microsoft, Expedia, Dish, Dell dan Overstock sudah terima pembayaran via Bitcoin secara langsung. Bitcoin sudah bisa digunakan untuk membeli segala bentuk produk dan jasa, mulai dari sembako dan perabotan rumah tangga,  tiket bioskopwinemobil sampai rumah mewah, atau bahkan satelit pribadi. Bahkan kini Anda sudah bisa berjalan-jalan ke luar angkasa hanya dengan Bitcoin!

Bitcoin juga dijadikan alat pengiriman uang antarnegara yang sangat murah dan mudah untuk dilakukan dan terjadi hanya dalam waktu beberapa detik saja. Bayangkan saja, biaya pengiriman Bitcoin hanya sebesar 0.0001 BTC per 1,000 bytes (yang berarti tidak memakan biaya sampai 1,000 rupiah dalam mengirimkan uang milyaran dolar). Bila kita mengirimkan uang via PayPal, kita bisa dikenakan biaya 2.7% hingga 2.9%, dan $5 sampai $20 via Western Union. Melalui MoneyGram, kita bahkan harus membayar hingga $34 hanya untuk mengirimkan uang $400 dan belum tentu uang bisa sampai ke tujuan dalam waktu 5 detik seperti Bitcoin.

Di dalam infografis dibawah ini, Anda dapat melihat bagaimana Bitcoin telah berkembang sangat pesat sejak tahun kelahirannya, sekaligus juga alasan kenapa Bitcoin akan semakin jaya di tahun 2016.

infografis 1infografis 2infografis 3

Setelah sempat anjlok ke harga 2 juta rupiah per BTC tahun ini, Bitcoin menutup tahun dengan kisaran harga 6 juta rupiah per Bitcoin. Bagaimana perkembangan Bitcoin tahun depan? Para ahli mengatakan bahwa harga Bitcoin akan meningkat karena beberapa hal seperti: adanya semakin banyak orang yang mengetahui keberadaan Bitcoin, munculnya Bitcoin Halving Day*, adanya krisis ekonomi di lembaga perbankan, dan banyaknya investor kelas tinggi yang berpindah ke Bitcoin. Apakah harga Bitcoin akan menembus 1,000 dolar AS per Bitcoin seperti prediksi para ahli? Let’s hope so!

*Bitcoin Halving Day adalah hari dimana suplai Bitcoin yang diciptakan oleh sistem berkurang hingga 50%. Bitcoin Halving Day yang pertama terjadi pada bulan November 2012 dimana sistem yang awalnya menciptakan 50 Bitcoin setiap 10 menit, menurun menjadi 25 Bitcoin/10 menit. Bitcoin Halving Day terjadi setiap 4 tahun sekali, dan perayaan Halving Day berikutnya akan terjadi pada pertengahan bulan Juli 2016.

Materi artikel diambil dari berbagai media berita seperti Cryptocoinsnews.com, Coindesk.com, dan Cointelegraph.com. Infografis diambil dari TFE Times.

Artikel Terbaru

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

            

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Unduh Aplikasi Kami

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

             

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

All Right Reserved Indodax 2023