Aset Kripto: Pilihan Inventasi Terbaik Masyarakat Dunia Selama Setahun Terakhir

Bitcoin

Jakarta, 07 Januari 2020. Volume perdagangan aset kripto di dunia selama tahun 2019 mengalami penurunan secara signifikan apabila dibandingkan dengan tahun 2017. Walaupun demikian, aset kripto tetap memiliki nilai kapitalisasi yang cukup fenomenal dan memiliki performa yang termasuk salah satu paling tinggi dibandingkan berbagai pilihan investasi lainnya apabila dibandingkan dalam satu tahun terakhir. Hal ini menjadikan aset kripto tetap menjadi pilihan investasi terbaik selama 10 tahun belakangan ini. Selama 8 tahun terakhir, nilai terendah bitcoin secara terus menerus meninggi setiap tahunnya berturut-turut: 2012 : $4 , 2013: $65, 2014, $200, 2015 : $185, 2016 : $365, $2017 $780, 2018 : $3200, 2019 : $3360.

Terlebih lagi, menurut data setahun terakhir performa aset kripto selama tahun 2018-2019 dianggap lebih baik dari aset tradisional seperti saham, obligasi, komoditas. Dilihat dari stabilitas harga selama satu tahun belakang ini, Bitcoin mengalami kenaikan 80,09% dalam setahun terakhir, sedangkan IHSG, emas, dan obligasi berturut-turut berkisar pada angka 2,28%, 14,84%, dan 13,15%. Khususnya mulai dari bulan Maret hingga akhir tahun 2019, dengan bermunculannya sentimen-sentimen positif secara berkelanjutan membuat nilai perdagangan bitcoin dan aset kripto kembali melejit.

Pilihan Inventasi Terbaik Masyarakat Dunia

Oscar Darmawan selaku CEO Indodax menjelaskan aset kripto dan teknologi Blockchain kini semakin dikenal dan digemari oleh masyarakat karena berbagai inovasi yang dibawanya. Hal ini dapat dilihat seiring banyaknya instansi yang mulai membangun teknologi Blockchain untuk mendukung transparansi kepada publik hingga bermunculannya dukungan pemerintah dari berbagai negara di dunia berupa peraturan-peraturan yang terus memberikan ruang inovasi bagi masyarakat di bidang ini. Di sisi lain, beliau juga melihat kalangan investor saat ini sudah lebih dewasa sehingga mereka lebih skeptis terhadap rumor atau berita miring yang beredar tanpa dasar. “Para investor kini tidak lagi menganggap aset kripto sebagai hal yang menyeramkan karena mereka mulai menyadari kalau kripto sebagaimana halnya emas memiliki nilai atas fisik digitalnya. Bahkan, kalangan anak muda justru melihat hal ini sebagai peluang besar untuk berspekulasi atas kripto yang perharinya bisa naik turun lebih dari 10% ” ungkap Oscar Darmawan.

Ketika ditanya tentang prediksi di masa mendatang, Oscar Darmawan berkeyakinan pasar kripto akan terus mengalami pertumbuhan stabilitas yang semakin membaik dari tahun-tahun sebelumnya khususnya sekarang bursa kripto mulai diatur di bawah Bappebti.

Disamping itu, menurut Oscar Darmawan hadirnya kebijakan pelonggaran moneter (dovish) oleh sebagian bank sentral dunia dalam upaya pengentasan perang dagang Tiongkok-Amerika dan berkurangnya supply bitcoin akibat Halving Day 2020 tentu saja akan membuat demand terhadap bitcoin semakin meningkat. Sementara itu, supply di pasar tidak bisa mengimbangi permintaan bitcoin tersebut. Akibatnya, pengguna akan kembali melihat Bitcoin sebagai investasi aset bernilai tinggi di jangka  panjang yang kemudian diikuti dengan tumbuhnya ekosistem trading bitcoin dan aset kripto lainnya.

Faktor lain yang perlu kita sorot adalah fungsi dari Bitcoin sebagai safe haven asset class sebagaimana emas yang membuat pada saat terjadi suatu krisis menjadi komoditas paling dicari di negara itu. Contohnya, fenomena memanasnya hubungan Iran dengan US saat ini membuat harga Bitcoin di Iran naik hingga $25000 per 1 Bitcoinnya dikarenakan warga Iran ketakutan untuk menyelamatkan kekayaannya apabila terjadi perang. Hal ini sama halnya dengan perseturuan US-Korea Utara tahun lalu yang juga ikut mendorong harga Bitcoin mengalami kenaikan.

Indodax adalah perusahaan berpengalaman dalam bidang aset digital dan blockchain serta penyedia platform jual-beli aset digital seperti Bitcoin, Ethereum, Litecoin dan lebih dari 50 aset digital lainnya. Indodax berdiri sejak tahun 2014 dan melayani lebih dari 1,8 juta orang di Indonesia. Indodax juga memiliki hampir 200 karyawan dengan partner di seluruh dunia, seperti China, Singapura, Eropa, Korea Selatan, Mexico dan India yang berpengalaman dalam bidang aset digital. Selain itu, kami memiliki customer support yang siap membantu para member selama 24/7. Kami berdedikasi kepada member dan calon member untuk bertransaksi aset digital menggunakan Rupiah dengan sistem terbaik, tercepat, termudah dan teraman. Info lebih lanjut dapat berkunjung ke www.indodax.com.

Temukan Kami di Media Sosial

Facebook          : https://www.facebook.com/indodax/

Instagram         : https://www.instagram.com/indodax/

Twitter              : https://twitter.com/Indodax

Youtube            : https://www.youtube.com/c/indodax

Bila ada pertanyaan atau perlu informasi lebih lanjut, harap menghubungi: [email protected]

Artikel Terbaru

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

            

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

Unduh Aplikasi Kami

Logo Indodax
Indodax adalah perusahaan berbasis teknologi yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto terbesar di Indonesia dengan lebih dari 5 juta member, memperjualbelikan lebih dari 200 jenis aset kripto, serta 10 juta pengunjung perbulannya.

             

Hubungi Kami

Millennium Centennial Center lt.2
JI.Jend. Sudirman No.Kav 25, RT.4/RW.2, Kuningan, Karet Kuningan, Setia Budi, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12920

All Right Reserved Indodax 2023