Home / Berita Indodax  / Eksplorasi Teknologi Blockchain untuk Melawan Penipuan Makanan

Eksplorasi Teknologi Blockchain untuk Melawan Penipuan Makanan

E-commerse raksasa di Cina, Alibaba, akan bekerja sama dengan perusahaan Australia Post dan perusahaan kesehatan, Blackmores, untuk memerangi munculnya makanan palsu yang dijual di seluruh Cina. Mitra dari perusahaan e-commerce tersebut mengatakan akan bekerja sama untuk meningkatkan penelusuran produk makanan demi mengurangi risiko penipuan dengan berinisiatif menggunakan teknologi Blockchain.

Teknologi Blockchain yang bersifat desentralisasi ini sangat membantu dalam basis data sehingga kita bisa mendapatkan rincian penting dari pemasok tentang di mana dan bagaimana makanan itu ada dan prosesnya di seluruh rantai pasokan. Teknologi ini memiliki potensi untuk memungkinkan up-to-date audit, dan meningkatkan transparansi antara produsen dan konsumen.

CEO StarTrack, Bob Black, mengatakan bahwa proyek ini akan membantu  menjamin bahwa produk Australia yang sampai ke tangan konsumen di Cina adalah produk yang asli. Australia mengklaim dirinya sebagai eksportir terpercaya makanan berkualitas tinggi.

“Produsen makanan kami memiliki reputasi global dalam menyediakan makanan yang bersih, hijau, dan aman. Kami senang membantu memberikan solusi untuk meningkatkan produksi makanan mereka,” ujar Black.

Penipuan makanan dikenal sebagai salah satu masalah terbesar yang dihadapi industri pangan global, mengingat risikonya terhadap kesehatan dan hilangnya kepercayaan konsumen dan pemerintah. Dalam beberapa tahun terakhir para pemalsu makanan telah menargetkan beberapa produk di Australia, seperti suplemen kesehatan, bir, anggur, madu, dan ceri.

 

 

 

Sumber:

http://www.telecomasia.net/content/alibaba-exploring-blockchain-counter-food-fraud

 

Written by Sintha Rosse

Writer and Journalist from Indodax.com

 

PERHATIAN: Perdagangan Bitcoin merupakan aktivitas berisiko tinggi. Harga Bitcoin fluktuatif, dimana harga dapat berubah secara signifikan dari waktu ke waktu. harap menggunakan pertimbangan ekstra dalam membuat keputusan untuk membeli atau menjual Bitcoin. Indodax.com tidak memaksa pengguna untuk membeli atau menjual Bitcoin, sebagai investasi, atau aksi mencari keuntungan. Semua keputusan perdagangan Bitcoin merupakan keputusan independen oleh pengguna.

 

Review overview