Home / Tutorial  / Pelajari Bitcoin secara lebih mendalam melalui buku “Bitcoin Tingkat Lanjut” karya Dimaz Ankaa Wijaya

Pelajari Bitcoin secara lebih mendalam melalui buku “Bitcoin Tingkat Lanjut” karya Dimaz Ankaa Wijaya

Telah terbit karya terbaru Dimaz Ankaa Wijaya, “Bitcoin Tingkat Lanjut”, yang bisa Anda download di Google Play Store!

Saat Bhagwan Chowdhry, pakar ekonomi dan akademisi dari UCLA, menominasikan Satoshi Nakamoto sebagai kandidat penerima Nobel untuk sains ekonomi tahun 2016, ia tidak sedang bergurau. Bitcoin, sistem yang diperkenalkannya ke publik di tahun 2009 lalu, telah menyita banyak perhatian. Bitcoin tidak hanya mempopulerkan kembali sistem peer-to-peer, melainkan juga telah menggugah pemikiran para intelektual untuk mengeksplorasi segala sisi Bitcoin. Bitcoin hanyalah permulaan. Kita akan melihat revolusi teknologi besar-besaran di masa depan dengan ide yang diperkenalkan Nakamoto.

Semua orang yang tertarik dengan cryptocurrency dan hendak mempelajarinya lebih lanjut sangat tepat jika bertitik tolak dari Bitcoin. Bitcoin memiliki hal-hal teknis yang menarik dipelajari, seperti yang disajikan oleh buku ini. Buku ini membahas beberapa hal yang ada dalam Bitcoin dengan lebih mendetail. Bagian Pertama membahas landasan teori tentang Bitcoin: apa dan bagaimana sistem Bitcoin berjalan, kelebihan, dan kekurangan Bitcoin.

Bagian Kedua berisi tentang beberapa teknik kriptografi dan teknologi yang diimplementasikan di dalam Bitcoin. Bagian Ketiga khusus mengulas tentang privasi dan anonimitas yang terkait dengan Bitcoin. Bagian ini juga menyebutkan analisis transaksi Bitcoin dan solusi-solusi anonimitas yang tersedia. Bagian Keempat didesain bagi Anda yang tertarik untuk memahami lebih jauh tentang fitur scripting yang disematkan di dalam sistem Bitcoin.

Setelah membaca buku ini, Anda diharapkan dapat memahami mengapa banyak orang jatuh cinta pada Bitcoin dan cryptocurrency. Di era Internet seperti sekarang, tipe digital asset berbasis kriptografi ini tampaknya cukup menjanjikan untuk diimplementasikan.

Anda juga mungkin akan tertarik dengan solusi-solusi berbasis blockchain lainnya seperti smart contract yang diaplikasikan pada berbagai bidang teknologi lain seperti Internet of Things dan keamanan sistem. Penulis berterima kasih kepada seluruh anggota tim Forensik Digital Direktorat Jenderal Pajak: Pak Andri, Izazi, Dony, Fatwa, Wishnu, Budi, dan teman-teman lain yang tidak dapat disebutkan satu-persatu. Penulis juga memberikan apresiasi setinggi-tingginya Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, Kementerian Keuangan. Penulis juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para supervisor yang masih saja berperan penting, bahkan ketika penulis telah menyelesaikan pendidikan: Dr. Joseph Liu dan Dr. Ron Steinfeld.

Review overview