Home / Market Outlook 4 December 2023

BTC Time Frame 4 Jam (Senin, 4 December 2023)

Berikut highlight fundamental news yang menjadi indikator pergerakan harga kripto saat ini:

  • MicroStrategy menambah 16,130 BTC atau setara $593,3 juta (dengan harga rata-rata $36,785 per Bitcoin). Pada 30 November 2023 MicroStrategy melaporkan mereka memiliki 174,530 BTC bernilai sekitar $6.6 miliar  dengan harga  rata-rata $37,726 per Bitcoin. CEO Phong Le mengisyaratkan perusahaan akan terus melakukan pembelian secara konsisten.
  • Jack Dorsey mendukung kumpulan penambangan BTC baru untuk membantu penambang mendapatkan kembali kendali atas hadiah blok dan biaya transaksi. Dorsey telah memimpin dennen investasi awal senilai $6,2 juta untuk Mummolin, perusahaan induk dari kumpulan penambangan Bitcoin desentralisasi baru yang disebut Ocean

    Dorsey, yakin bahwa platform ini akan memecahkan masalah sentralisasi lebih lanjut dari kumpulan dan kumpulan penambangan yang dapat mengganggu Bitcoin. Ketika saya melihat sebuah proyek yang bermanfaat bagi Bitcoin secara umum, dan juga bermanfaat bagi saya dan perusahaan saya secara pribadi, itu menjadi keputusan sederhana bagi saya dan saya senang menjadi bagian darinya.

  • Bitcoin ETF akan mendorong kenaikan harga BTC sebesar 165% pada tahun 2024, menurut Geoff Kenrick, kepala Riset EM FX Standard Chartered, prediksi harga BTC $100,000 baru dari Standard Chartered dapat dicapai sebelum akhir tahun 2024

Highlight Teknikal:
Beranjak di pekan pertama bulan Desember 2023, terlihat Bitcoin pada waktu mingguan sudah menembus garis Lower High, kemungkinan akan melanjuti kenaikan menuju garis resistance. Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp602.947.000, ketika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp636.139.000 merupakan area resistance sebagai penjualannya.

ETH Time Frame 4 Jam (Senin, 4 December 2023)

Highlight Fundamental:

  • Pergerakan baru-baru ini dalam bidang kripto dari altcoin besar seperti Ethereum, XRP, Solana, Cardano, dan Shiba Inu telah memicu diskusi di kalangan penggemar dan investor, memicu optimisme dalam komunitas kripto. Terbukti melalui masuknya berita secara terus-menerus, terutama seputar banyak aplikasi ETF Bitcoin spot yang tertunda, selain itu pembacaan yang relatif positif dari The Fed semakin berkontribusi pada sentimen positif seputar Bitcoin
  • Postingan blog pendiri Ethereum, Vitalik Buterin, yang menyoroti ancaman yang menurutnya dapat ditimbulkan oleh kecerdasan buatan (AI) terhadap umat manusia telah menarik banyak tanggapan dari anggota komunitas AI dan blockchain. Buterin menerbitkan postingan blog berjudul My techno-optimism, yang membahas bagaimana AI “secara fundamental berbeda” dari penemuan lain seperti senjata, pesawat terbang, dan media sosial.
  • Alchemy Pay, meningkatkan opsi pembayarannya dengan mengintegrasikan cara baru untuk membeli kripto di Eropa dan Inggris.

Langkah ini semakin memperkuat jaringan pembayaran Alchemy Pay di seluruh Eropa, melampaui pasar negara berkembang dan memperluas pengaruhnya. Alchemy Pay saat ini mendukung 300 saluran pembayaran fiat di 173 negara, terutama di Asia Tenggara. Platform ini secara aktif memperluas layanan pembayarannya di seluruh dunia, baru-baru ini menambahkan lisensi baru di Amerika Serikat, termasuk negara bagian Iowa dan Arkansas. 

Pada bulan Februari 2023, Alchemy Pay juga memperoleh lisensi di pasar operasi seperti Indonesia dan Lithuania.

Highlight Teknikal:

Memasuki pekan pertama bulan Desember 2023, terlihat Ethereum pada waktu mingguan sudah breakout marubozu pada garis resistance, kemungkinan akan melanjuti kenaikan pada resistance selanjutnya, Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp32.982.000, ketika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp34.786.000 merupakan area resistance sebagai penjualannya.

 

*Segala bentuk transaksi aset kripto memiliki risiko dan berpeluang untuk mengalami kerugian. Tetap berinvestasi sesuai riset mandiri sehingga bisa meminimalisir tingkat kehilangan aset kripto yang ditransaksikan (Do Your Own Research/ DYOR).

Informasi yang terkandung dalam publikasi ini diberikan secara umum tanpa kewajiban dan hanya untuk tujuan informasi saja. Publikasi ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak boleh dianggap sebagai, suatu penawaran, rekomendasi, ajakan atau nasihat untuk membeli atau menjual produk investasi apa pun dan tidak boleh dikirimkan, diungkapkan, disalin, atau diandalkan oleh siapa pun untuk tujuan apa pun.

Mau diskusi bareng bahas outlook di atas? Yuk join Telegram Group INDODAX di sini!