Home / Market Outlook 30 Oktober 2023

BTC Time Frame 4 Jam (Senin, 30 October 2023)

Berikut highlight fundamental news yang menjadi indikator pergerakan harga kripto saat ini :

  • Senator Meksiko, Indira Kempis mendorong rancangan undang-undang untuk menjadikan Bitcoin legal di Meksiko. Tahun lalu, Indira memperkenalkan undang-undang untuk menciptakan mata uang digital bank sentral (CBDC). Kini, mengalihkan fokusnya untuk menjadikan Bitcoin sebagai bagian utama dari agenda politiknya. Keterlibatannya dalam membantu kelompok yang kemudian menjadi Bitso, sebagai bursa mata uang kripto terbesar di negara itu, membuka matanya terhadap tantangan yang dihadapi oleh para wirausahawan di bidang kripto.
  • Perusahaan investasi BlackRock mengusulkan ETF Bitcoin Spot iShares agar terdaftar di Depository Trust & Clearing Corporation (DTCC). Juru bicara DTCC menjelaskan bahwa tindakan menambahkan sekuritas ke dalam berkas kelayakan keamanan NSCC sebagai standar prosedur  sebelum meluncurkan ETF ke pasar.
  • Salah satu pendiri Onchain Capital & pembawa acara Crypto Banter, Ran Neuner mengatakan memecoin Pepe adalah indikator kuat demam pasar kripto yang berlebihan. Jika ingin tahu kapan kemunduran akan terjadi, lihat saja PEPE. Ini benar-benar sebuah indeks ketika orang-orang cukup percaya diri untuk pergi ke sana dan hasilnya memuaskan, itulah tanda Anda untuk keluar.
  • Teori Neuner telah dianut oleh pedagang kripto lainnya di masa lalu. Trader Alex RTB mengatakan kepada 60.000 pengikutnya bahwa dia mulai menggunakan Pepe sebagai metrik yang dapat diandalkan untuk memperkirakan penurunan jangka pendek.

Highlight Teknikal:
Di pekan terakhir bulan Oktober 2023, terlihat Bitcoin pada Weekly time frame berhasil menembus garis resistance, kemungkinan akan menuju Lower High Strong pada harga Rp595.000.000, Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp532.440.000, ketika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp570.250.000, merupakan area resistance sebagai penjualannya.

 

ETH Time Frame 4 Jam (Senin, 30 Oktober 2023)

Highlight Fundamental:

  • Rug pull mata uang kripto adalah salah satu penipuan yang paling sederhana untuk dicegah, menurut auditor keamanan blockchain Hacken.
    Auditor keamanan Blockchain, Hacken, merilis laporan terbarunya pada 25 Oktober. Rug pull kripto merupakan jumlah eksploitasi terbesar, terhitung lebih dari 65% dari semua peretasan pada Q3 2023.
  • Laporan tersebut memberikan perhatian khusus pada rug pull, yang merupakan jenis penipuan yang terjadi ketika sebuah tim memompa token proyek mereka sebelum penarikan likuiditas secara tiba-tiba.
  • Circle Bergabung dengan bursa BitoGroup dan FamilyMart Taiwan. Sinergi ini bertujuan untuk meluncurkan layanan ‘Points-to-Crypto’ aplikasi  yang memungkinkan pelanggan mengonversi poin loyalitas FamilyMart mereka, yang disebut FamiPoints, menjadi mata uang digital seperti USDC. BitoGroup memiliki 800 ribu pengguna, sementara FamilyMart memiliki lebih dari 17 juta anggota. Kerjasama ini memelopori Kemajuan Web3 di Taiwan.
  • Goldman Sachs mengatakan peningkatan Dencun Ethereum sebagai langkah menuju lapisan penyelesaian yang skalabel.
    Dencun akan meningkatkan skalabilitas Ethereum melalui rollup, dan akan mengoptimalkan biaya bahan bakar dan meningkatkan keamanan jaringan. Peningkatan Dencun Ethereum, kemungkinan akan dilakukan pada kuartal pertama tahun 2024.

Highlight Teknikal:

Di pekan terakhir bulan Oktober 2023, terlihat Ethereum pada Weekly time frame berada pada garis support Marubozu kemungkinan akan menuju resistance pada harga Rp31.000.000, Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp27.776.000 jika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp29.670.000, merupakan area resistance sebagai penjualannya.

*Segala bentuk transaksi aset kripto memiliki risiko dan berpeluang untuk mengalami kerugian. Tetap berinvestasi sesuai riset mandiri sehingga bisa meminimalisir tingkat kehilangan aset kripto yang ditransaksikan (Do Your Own Research/ DYOR).

Informasi yang terkandung dalam publikasi ini diberikan secara umum tanpa kewajiban dan hanya untuk tujuan informasi saja. Publikasi ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak boleh dianggap sebagai, suatu penawaran, rekomendasi, ajakan atau nasihat untuk membeli atau menjual produk investasi apa pun dan tidak boleh dikirimkan, diungkapkan, disalin, atau diandalkan oleh siapa pun untuk tujuan apa pun.

Mau diskusi bareng bahas outlook di atas? Yuk join Telegram Group INDODAX di sini!