Home / Market Outlook 11 December 2023

BTC Time Frame 4 Jam (Senin, 11 December 2023)

Berikut highlight fundamental news yang menjadi indikator pergerakan harga kripto saat ini:

  • Phoenix Group PLC, perusahaan di bidang penambangan mata uang kripto dan teknologi blockchain di Timur Tengah yang baru saja terdaftar di Abu Dhabi Securities Exchange (ADX).  Selanjutya Phoenix  menandatangani pesanan senilai $380 juta dengan produsen mesin penambangan Bitcoin Whatsminer, termasuk pembelian langsung sebesar $136 juta, dan opsi tambahan senilai $246 juta.
  • El Salvador memberikan undangan residensi eksklusif kepada 1000 orang yang bercita-cita membuat perbedaan di dunia ekonomi & investasi. Negara ini secara aktif mencari orang-orang cerdas di seluruh dunia untuk bergabung dalam membangun visi masa depan yang lebih baik. Dibatasi untuk 1000 peserta per tahun, program Freedom Visa ini bukan sekedar investasi; ini adalah komitmen untuk membangun negara masa depan.

    El Salvador sebagai pelopor dalam mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, menawarkan keuntungan bagi para penggemar mata uang kripto dan wirausahawan yang berpikiran maju. Nikmati kebebasan menggunakan Bitcoin dengan mudah, dilengkapi dengan undang-undang perpajakan yang mendukung usaha.

  • Lebih dari 1.000 bitcoin langka “Era Satoshi”, yang ditambang sekitar  Agustus dan November 2010, telah dipindahkan untuk pertama kalinya dalam 13 tahun. Bitcoin yang ditambang awal ini, awalnya bernilai $100, kini bernilai lebih dari $40 juta.

    CryptoQuant menunjukkan bahwa bitcoin ini kemungkinan besar dijual melalui layanan over-the-counter (OTC) atau kustodian, berdasarkan pola transaksi alamat penerima.

Highlight Teknikal:
Beranjak di pekan kedua bulan Desember 2023, terlihat Bitcoin pada waktu mingguan berada pada garis resistance, kemungkinan koreksi bearish menuju Support atau Higher Low berikutnya. Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp668.194.000, ketika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp707.075.000 merupakan area resistance sebagai penjualannya.

ETH Time Frame 4 Jam (Senin, 11 December 2023)

Highlight Fundamental:

  • CEO Wemade, Henry Chang, memperkirakan akan ada lebih banyak game berbasis blockchain dengan aplikasi Web3 yang kompleks dan genre yang beragam di tahun mendatang.

    Game Web3 akan meningkat pada tahun 2024 dengan lebih banyak game dan kolaborasi blockchain, yang bertujuan untuk memberikan pengalaman yang ramah pengguna guna meningkatkan adopsi yang lebih luas. Game Blockchain memberdayakan pemain dengan kepemilikan nyata atas aset dalam game dan menghubungkan game dengan ekonomi dunia nyata, kata Chang.

  • Pada 5 Desember, SEC menunda keputusan ETF Grayscale spot Ether hingga Januari 2024. Pada 7 Desember, total tujuh ETF Ether spot diajukan dan menunggu keputusan ke SEC.

    Dalam beberapa minggu terakhir ETH semakin populer ,membuat market Ether menjadi bullish  narasi tentang persetujuan ETF spot.

    Ekosistem keuangan terdesentralisasi (DeFi) jaringan Ethereum juga mengalami peningkatan dalam biaya dan pendapatan harian, mencapai level tertinggi dalam 180 hari di kedua kategori pada 7 Desember. Dalam 30 hari. pendapatan jaringan Ethereum naik 178,2% dalam 30 hari terakhir, yang setara dengan $2,92 miliar secara tahunan.

    Berdasarkan data dari DappRadar, ketika pasar kripto berubah menjadi bullish, perdagangan non fungible token (NFT) mulai terdampak, dengan volume mendekati $1 miliar pada bulan November. Industri NFT mempertahankan momentum kenaikan selama dua bulan berturut-turut. Volume perdagangan melonjak sebesar 125% pada bulan November.

Highlight Teknikal:

Memasuki pekan kedua bulan Desember 2023, terlihat Ethereum pada waktu mingguan sudah berada pada garis Higher High, kemungkinan koreksi bearish menuju support atau Higher Low berikutnya. Kamu bisa melakukan pembelian apabila terkoreksi menuju area support selanjutnya pada harga Rp35.674.000, ketika sudah mengalami koreksi area support dengan catatan sudah terbentuk candlestick reversal atau pembalikan harga.

Saat harga berada di garis pembelian, Kamu bisa melakukan pembelian dengan konfirmasi candlestick reversal seperti Bullish Engulfing atau Marubozu Bullish  (bodi dari candlestick lebih tinggi dari bodi sebelumnya), Kamu dapat mencari candlestick ini sebelum pergantian candle 30 menit sebelumnya pada time frame 4 jam. Jika belum muncul konfirmasi pada garis support, Kamu bisa menunggu candlestick yang terkonfirmasi.

Jika sudah masuk posisi di garis support, Kamu bisa take profit di harga Rp37.837.000 merupakan area resistance sebagai penjualannya.

 

*Segala bentuk transaksi aset kripto memiliki risiko dan berpeluang untuk mengalami kerugian. Tetap berinvestasi sesuai riset mandiri sehingga bisa meminimalisir tingkat kehilangan aset kripto yang ditransaksikan (Do Your Own Research/ DYOR).

Informasi yang terkandung dalam publikasi ini diberikan secara umum tanpa kewajiban dan hanya untuk tujuan informasi saja. Publikasi ini tidak dimaksudkan untuk, dan tidak boleh dianggap sebagai, suatu penawaran, rekomendasi, ajakan atau nasihat untuk membeli atau menjual produk investasi apa pun dan tidak boleh dikirimkan, diungkapkan, disalin, atau diandalkan oleh siapa pun untuk tujuan apa pun.

Mau diskusi bareng bahas outlook di atas? Yuk join Telegram Group INDODAX di sini!